oleh

12 Ruko di Saparua Ludes Terbakar

Penulis: Imanuel Alinan

Berantas.co.id, Ambon – Kebakaran hebat terjadi di Kota Saparua, Kabupaten Maluku Tengah Sabtu, 25 November sekitar pukul 19.30 WIT. Si jago merah mengamuk selama hampir 1,5 jam. Sebanyak 12 ruko yang terletak di depan Mapolsek Saparua ludes terbakar.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun kerugian material diperkirakan mencapai miliaran rupiah. Pasalnya seluruh bangunan 12 ruko beserta sebagian besar isinya ludes terbakar. Dugaan sementara penyebab kebakaran karena hubungan pendek arus listrik pada salah satu bangunan ruko.

“Dugaan sementara penyebab timbulnya api yang kemudian menghanguskan 12 ruko karena hubungan arus pendek listrik,” ungkap Kapolsek Saparua AKP Ferdy Djamal.

Perwira polisi berpangkat tiga balak menjelaskan kronologis peristiwa ini berawal saat salah satu saksi Semmy Pauno, 39 tahun sedang duduk di samping lorong ruko miliknya. Sekitar pukul 19.30 WIT, saksi melihat kearah ujung lorong samping toko bangunan. Saat itu saksi melihat kobaran api dari bangunan ruko milik Elli Laisina. Kemudian saksi berlari menuju sumber api tersebut. Api makin besar dan menyebar ke dalam ruko.

Saksi kemudian berteriak meminta bantuan warga untuk memadamkan api. Dengan peralatan seadanya sejumlah warga dibantu personil Polsek Saparua bahu membahu mencoba memadamkan api karena tidak ada mobil pemadam kebakaran di Kecamatan Saparua.

Kurang lebih 1,5 jam warga berjibaku memadamkan api, pada pukul 21.00 WIT api berhasil dikuasai.

Dalam peristiwa ini tidak di temui korban. Jiwa hanya kerugian material berupa barang jualan, serta harta benda dan bangunan.

Setelah berhasil memadamkan api, warga membantu mengamankan barang-barang sisa di toko yang masih bisa terselamatkan. Warga mengevakuasi barang ke Mapolsek Saparua untuk pengamanan sementara.

Polisi kemudian memasang polisi line mengelilingi TKP untuk keperluan pengusutan lebih lanjut.

Comments

comments

News Feed