83 Orang Calon Kades Tanda Tangani Fakta Intergritas

oleh -95 views

Penulis: Oktavianus SH

Berantas.co.id, Labuanbatu – Menjelang diselenggarakannya pemilihan Kepala Desa (Kades) serentak di 7 Kecamatan se Kabupaten Labuhanbatu yang jatuh pada tanggal 18 desember mendatang, Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap SE Msi mengundang 83 orang Calon Peserta Pemilihan Kades di Pendopo Rumah Dinas Bupati Labuhanbatu belum lama ini.

Selain mengundang para Calon Kades, Bupati juga menghadirkan 23 orang pejabat pemerintahan, 20 Panitia Penyelenggara Pemilihan Kades (Pilkades)  dan 7 Camat. Agenda tersebut adalah merupakan agenda terbaru yang belum pernah di akukan Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu sebelumnya guna menciptakan Pilkades yang damai.

Dalam pidatonya Pangonal mengucapkan selamat kepada seluruh Calon Kades yang akan bertarung pada Desember mendatang.

“Selamat datang Bapak dan Ibu Calon Kepala Desa, saya yakin 83  Calon Kades ini adalah orang – orang terbaik yang akan bertanding menentukan posisi terbaik di Desa. Harapan saya, kiranya para peserta nanti sebelum bertarung dapat mempersiapkan diri mengadapi segala kemungkinan yang terjadi. Karena dalam pertandingan pasti ada yang menang dan ada yang kalah, bagi yang menang jalankanlah amanah sebaik – baiknya dan bagi yang kalah tawaqallah kepada tuhan bahwa itu adalah yang terbaik di berikan tuhan kepada kita”, ucap Pangonal.

Menurut pangonal, pemilihan Kades sangat rentan dengan perselisihan, maka diharapkan dapat seportif dalam bertarung dan mencari Ridha Allah, setidaknya sesama calon saling mendukung agar terciptanya kedamaian dalam pemilihan.

Pangonal juga menambahkan, hendaklah sesama Calon jangan saling menjatuhkan untuk menggagalkan calon yang lain, berjalanlah dengan regulasi sesuai peraturan perundang – undangan, bagi yang kalah nantinya jangan putus asa, karena semua itu adalah dinamika kehidupan, tambah pangonal.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Labuhanbatu Zaid Harahao melalui Sekretarisnya, Hendriko MT Siregar menyampaikan laporan persiapan Pilkades serentak, bahwa ada sebanyak 83 Calon Kades yang terdiri dari 21 Desa dari 7 Kecamatan yang siap bertarung dalam Pilkades nanti. Dengan perincian : Kecamatan Bilan Barat Desa Bandar Kumbul jumlah Calon 5 orang, Afdeling 1 terdiri dari 5 org, Afdeling 2 ada 4 orang, Kampung Baru 4 orang,

Sementara itu, dari Kecamatan Bilah Hulu, Desa N1 ada 2 orang, N2 : 2 orang, S1 : 5 orang dan S6 : 3 orang. Dari Kecamatan Pangkatan, Desa Tebing Tinggi 3 orang, Desa Pangkatan 5 orang, Perkebunan Pangkatan 3 orang.

Dari Kecamatan Bilah Hilir Desa Sungai Besar 5 orang. Dari Kecamatan Panai Hulu, Desa Teluk Sentosa 4 orang, Desa Sei Jawi – Jawi 4 orang. Dari Kecamatan Panai Tengah Desa Sei Rakyat 3 orang, Selat Beting 5 orang, Pasar Tiga 3 orang, Sei Merdeka 5 orang.

Sedangkan dari Kecamatan Panai Hilir Desai Pegantungan 3 orang dan Desa Sei Pegantungan 5 orang. Total keseluruhan 83 orang Calon Kades yang siap meramaikan Pilkades Desember mendatang. Sementara, ada 4 desa yang dinyatakan gugur pencalonan karena peserta nya lebih dari lima orang, ujar Hendriko.

Azhari Nur Rambe mewakili Calon Kaded membacakan fakta intergritas,  “bahwa Calon Kades berjanji bertanggung jawab dan siap mensukseskan Pilkades sesuai undang – undang, siap menang dan siap kalah.

Comments

comments