oleh

Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kumpulkan Pimpinan Ormas

Penulis : halim 

Berantas.co.id – Jakarta. Ditreskrimum Polda Metro Jaya mengumpulkan sejumlah pimpinan organisasi masyarakat (ormas) di seluruh DKI Jakarta, Selasa (16/1/2018).

Hal tersebut dimaksudkan untuk menjaga silaturahmi sekaligus menciptakan situasi Ibukota yang aman.

Adapun ormas yang hadir diantaranya Laskar Merah Putih, 234SC, APM2U, Grib, FKPPI, Forum Pemuda Maluku dan Maluku Utara, dan Pemuda Pancasila.

Pertemuan tersebut berlangsung di gedung Ditreskrimum Polda Metro Jaya dipimpin langsung oleh Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya AKBP Ade Ary. Dalam mengontrol dan memantau kegiatan ormas akan dilakukan oleh Subddit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya dibawah pimpinan AKBP Aries Supriyono.

Ade menjelaskan, pertemuan kali ini untuk meningkatkan koordinasi antara Kepolisian dengan pimpinan ormas. Menurutnya, jika ke depan ada oknum anggota ormas yang melakukan pelanggaran maka pihak Kepolisian akan lebih dulu meminta pimpinan ormas untuk memberi keterangan.

“Misal ada oknum A, kita akan menghubungi pimpinan untuk meminta diingatkan. Jika masih berkembang, maka pimpinan ormas kita minta keterangan sebagai saksi,” kata Ade.

Tindakan ini merupakan langkah awal untuk mencegah terjadinya pelanggaran yang dilakukan oleh ormas manapun. Dengan kegiatan prefentif ini diharapkan pimpinan ormas bisa mengatur anggotanya dengan baik dan mengarahkan pada hal-hal positif.

“Ormas harus menjadi pelopor dalam menjaga keamanan dan menjadi contoh baik kepada masyarakat,” ujar Ade.

Tidak hanya meningkatkan kualitas dab keterampilan anggotanya, lanjut Ade, pimpinan ormas juga diharapkan bisa memberikan pengetahuan kepada anggota agar taat hukum.

“Kalau semua preventif dan preentiv sudah kami lakukan maka kami akan melakukan represiv dengan penegakan hukum. Saya ingin ormas-ormas di wilayah Polda Metro Jaya menjadi contoh yang baik,” tutup Ade.

Comments

comments

News Feed