oleh

Jual Raskin 7,2 Ton Kades Sukamenak Terancam Masuk Bui

Penulis: Budi MS

Kusmana, Kepala Desa Sukamenak, Garut

Berantas.co.id – GARUT. Ulah Kusmana Kepala Desa (Kades) Sukamenak Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut dengan menjual subsidi Beras Rakyat Miskin (Raskin) terancam di Bui. Pasalnya, Kades Kusmana terang terangan menyelewengkan Raskin untuk kepentingan pribadinya.

Dokumen data dan fakta yang diterima redaksi, Kusmana mengakui kesalahannya terkait penjualan RASKIN. Pengakuan Kades, dirinya dalam keadaan kepepet  di bulan Mei 2017, untuk itu ia berani menjual Raskin sebanyak kurang lebih (7.200)kg atau sebanding (7,2) ton.

“Raskin itu memang tidak saya bagikan ke warga, dikarenakan saya lagi butuh biaya untuk sesuatu yang penting, dan terpaksa saya jual Raskinnya. Hasil penjualan itu, saya pake dulu uangnya.” ujar Kusmana saat dimintai pengakuannya dan direkam. (Bukti rekaman tesimpan diredaksi media sidik).

Tambah ia, kalau memang dirinya salah, ia akan meminta maaf ke warga, dan ia juga meminta untuk tidak di laporkan ataupun di beritakan.

Masalah RASKIN memang telah menjadi bidik permainan kades nakal. Raskin itu sendiri disubsidi oleh pemerintah untuk rakyat miskin dan hal itu telah menjadi penantian panjang warga Sukamenak.

“Bulan Mei 2017 lalu memang kami bersama warga disini tidak menerima Raskin sama sekali, bahkan Kades mengakui bahwa Raskin tersebut di jual olehnya untuk menutupi biaya pribadinya.” papar warga pada media.

Comments

comments

News Feed