oleh

KEPALA KORPS LALU LINTAS (KAKORLANTAS) POLRI IRJEN POL ROYKE LUMOWA PANTAU ARUS LIBUR TAHUN BARU 2018

Penulis : halim

Berantas.co.id -Jakarta. Banyaknya Masyarakat yang mempersiapkan libur panjang tahun baru dengan memilih wisata keluar kota bahkan kekampung halaman, Dalam kesempatan ini Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Royke Lumowa turut antusias dengan memantau lalulintas untuk mengantisipasi kemacetan yang kerap terjadi saat libur panjang.

Dalam tugasnya memantau arus lalulintas Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Royke Lumowa menyampaikan “Kita semua saat ini berada di gerbang tol Cikarang Utara kita akan memantau kendaraan yang keluar dari arah Jakarta ke Jawa Tengah dan Jawa Barat, Boleh dikata malam hari ini adalah mudik yang kedua di mana mudik yang pertama terjadi pada Tanggal 22 Desember 2017 yang lalu yang mana kendaraan yang keluar dari Jakarta sekitar 244 ribu kendaraan”.

“Pada saat ini sampai dengan pukul 20.00 WIB malam tadi baru keluar sekitar 58 ribu kendaraan alias 1,9% dibanding dengan waktu normal.” Ucap Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Royke Lumowa.

“Diperkirakan secara akumulasi besok akan mencapai 86 ribu kendaraan alias meningkat 10% dari waktu normal dan saya pikir arus lalulintas cukup normal, Hanya penjagaan saja yang kami perkuat karena memang tidak ada antrian yang begitu berat dan kami akan memantau ke arah Cipularang.” Tambah Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa.

Banyak masyarakat yang ingin merayakan tahun baru bersama dengan melakukan konvoy baik menggunakan kendaraan R2 ataupun R4, kali ini Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa juga melakukan pantauan dalam persiapan tahun baru.

“Kami akan melihat persiapan pengamanan malam tahun baru di Puncak Pass karena Puncak Pass akan ditutup mulai yakni dari Gadog sampai dengan Ciloto alias Cipanas, Kendaraan tidak boleh melintas mulai dari pukul 18.00 WIB tanggal 31 Desember 2017 sampai pukul 06.00 WIB tanggal 1 Januari.” Tutur Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa.

Tak luput arus balik pun sangat menjadi perhatian Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa dalam mengantisipasi kemacetan yang akan terjadi.

“Pada puncak kemacetan Arus Balik diperkirakan terjadi Tanggal 1 Desember 2018 dan diperkirakan pada wilayah penggal Cikarang dan Cikarang utama termasuk KM 45 sampai dengan Km 20 arah Jakarta, kita akan antisipasi dengan melakukan Contra flow yaitu rekayasa lalu lintas yang mengubah arah normal arus kendaraan pada suatu jalan raya menjadi melawan arus.” Jelas Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa.

“Kemudian arus balik di puncak dan Jagorawi kita lakukan pengamanan juga dengan skemanya jika terjadi lonjakan maka sesuai SOP akan ada pengalihan arus lalu lintas dan antisipasi jika antrian begitu panjang maka kami pun melakukan Contra Flow dan kendaraan akan kita Arahkan ke jalur Pantura lalu melalui Kalimalang untuk lewat tol Becakayu.” Terang Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa.

“Seperti pengalaman mudik yang pertama justru Arteri Menurut pengamatan kami lengah yaitu pada Jalan Nasional mulai dari Bekasi, Karawang sampai Dawuan, Pengamanan jalur Alteri juga sudah kami siapkan karena memang jalur Alteri bisa menjadi penyebab kepadatan kendaraan selama operasi.” Imbuh Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa.

Comments

comments

News Feed