Lelang Jabatan 14 Kursi SKPD, 61 Orang Eselon 3 Pemkab Labuhanbatu Ikuti Ujian Psikologis

oleh -81 views

Penulis: Oktavianus SH

Keterangan gambar: Plt Ka BKPP Labuhanbatu Zainuddin Siregar yang merupakan salah satu Peserta Ujian Psikologis

Berantas.co.id, Labuhan Batu -Jelang pelaksanaan Lelang Jabatan 14 Kursi Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu.

Sebanyak 61 orang Pejabat Eselon 3 yang ada di Pemkab Labuhanbatu bertarung mengikuti Ujian Psikologis sebagai salah satu tahapan penilaian dalam pelaksanaan proses Leleng Jabatan yang akan digulirkan beberapa bulan yang mendatang.

Setelah sebelumnya telah direncanakan sejak 2 bulan yang lalu. Bertempat di Aula Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Jalan H A Idris No. 1 A Rantauprapat, Senin (4/12/2017).

Anggota Team Penguji dari Universitas Medan Area

Ujian Psikologis ini menurunkan sebanyak 3 orang Team Penguji yang disuit dari Universitas Medan Area, masing – masing diantaranya : Ketua Team Penguji Mulia Siregar, Anggota Eliyanti Ponita dan Nafsah.

Kepada Wartawan saat diwawancarai di Ruang Tunggu Kantor BKPP Labuhanbatu disela – sela jam istirahat ujian Ketua Team Penguji Mulia Siregar mengatakan, Ujian Tertulis yang dilaksanakan telah sesuai standar pengujian secara nasional dan dilaksanakan selama 1 hari penuh, Senin (4/12/2017).

Ketua Team Penguji Ujian Psikologis Labuhanbatu Mulia Siregar

Mulia Siregar juga mengatakan, kriteria penilaian yang akan dirangkum dalam proses ujian dimaksud antara lain :

1. Aspek Intelektual yang orientasinya mengacu kepada daya nalar atau pemikiran peserta maupun calon SKPD.

2. Aspek Kepribadian dengan orientasi penilaian terhadap sikap dan pribadi calon. Dan…

3. Aspek Motivasional yang berorientasi terhadap pelaksanaan tanggungjawab dalam mengemban tugas dan mengorganisir pekerjaan.

Mulia Siregar menambahkan, bahwa Hasil Ujian Psikologis ini bukan merupakan penentu dalam kelulusan Pejabat Eselon untuk menduduki Jabatan SKPD.

Pihaknya juga mengatakan, keberadaan mereka sebagai Team Penguji hanya mengumpulkan nilai sebagai tambahan, dimana para peserta juga masih harus menghadapi tes lainnya yang Jug merupakan bahagian penentu untuk kelulusan penilaian menjadi Kepala SKPD.

Pengumum dan Sekretariat Pansel  Lelang Jabatan di Labuhanbatu

“Berkas ujian masih harus dibawa ke Medan untuk di seleksi dan dinilai. Hal ini bukan merupakan penentu. Karena para peserta masih harus mengikuti tes lainnya yang juga merupakan sebagai bahagian dari persyaratan, sesuai apa yang telah diumumkan Panitia Seleksi”, ujar Mulia Siregar.

Disisi lain, Plt Kepala BKPP Labuhanbatu Zainuddin Siregar saat dikonfirmasi Wartawan terkait hal ini di ruang kerjanya pada hari yang sama mengatakan, berharap pelaksanaan Ujian Psikologis ini dapat berjalan sesuai yang diharapkan, aman, sukses dan terkendali.

“Kiranya pelaksanaan Ujian ini dapat berjalan lancar sesuai apa yang diharapkan, sehingga dapat menghasilkan apa yang kita harapkan selama ini”, ujar Zainuddin.

Pihaknya menjelaskan, sehubungan dirinya adalah merupakan salah satu Peserta Ujian, prihal mengenai pelaksanaan Ujian Psikologis dimaksud, pihaknya mengarahkan Wartawan untuk mempertanyakannya kepada Kepala Bidang (Kabid) Mutasi BKPP Labuhanbatu Hamdy Siregar selaku Ketua Panitia.

Hingga berita ini dikirim ke meja redaksi, saat dikonfirmasi Wartawan terkait anggaran Pelaksanaan Ujian Psikologis ini, Hamdy Siregar belum dapat memberitahukan berapa anggarannya.

“Nggak tau pak, kami hanya memfasilitasi pelaksanaan ujian”, sebut Hamdy.

Comments

comments