oleh

Polres Metro Jakarta Barat Berhasil Menangkap Dua Orang Pelaku Pencurian bersenpi

Penulis : Apriyanto 

Berantas.co.id – Jakarta. Polres Metro Jakarta Barat berhasil menangkap SO alias OA yang ditembak kakinya setelah berusaha kabur saat mau di tangkap, di rumahnya, kawasan Pulo Gadung, Jakarta Timur .

Penangkapan dan penembakan tersangka, jelas Kasat Reskrim Polres Jakarta Barat, AKBP Edy Suranta Sitepu, dilakukan petugas pada Kamis (11/1/2018), sekitar pukul 21.00 WIB.

“SO merupakan komplotan pelaku pencurian di Perumahan Villa Kedoya F2, Kebon Jeruk, Jakarta Barat yang menyekap korban Steven bersama anaknya yang berusia satu tahun,” tutur Edy Suranta Sitepu, Jumat (12/1/2018).

Dijelaskan bahwa sebelum melakukan penangkapan, polisi sudah memastikan bahwa pelaku SO, benar sedang berada didalam rumahnya. Setelah sebelumnya dilakukan pengembangan yang mendalam dari teman tersangka SO, yakni PO yang sudah ditangkap terlebih dahulu di Palembang pada tanggal 8 Januari 2018.

Selanjutnya, Kepala Unit Reserse Kriminal Umum Polres Jakarta Barat AKP Rulian Syauri menambahkan, saat pengerebekan di rumah pelaku SO, ia perintahkan anggota bergerak cepat supaya pelaku yang dikenal licin tidak bisa melarikan diri.

“Kami dobrak pintu rumahnya. Di dalam SO yang mengenakan kaos berkerah hijau dengan celana jeans sedang asyik nonton televisi. Dia kaget atas kedatangan petugas dan langsung berusaha melakukan pelawanan dengan mencoba menyerang pwtugas. Tapi usahanya gagal karena petugas sudah memegang tubuhnya,” jelas Rulian.

Pelaku pun tak bisa berkutik. Selanjutnya pelaku diminta untuk menunjukan tempat menyimpanan senjata api rakitan yang biasa digunakan oleh komplotannya saat beraksi. Pelaku  menunjukan sebuah lemari di bawah televisi dan di dalamnya terdapat sebuah ransel.

Di dalam ransel ada tas slempang kecil, berisi tiga buah pucuk senjata api rakitan lengkap dengan beberapa butir pelurunya. Kemudian, petugas melakukan penggeledahan isi rumah pelaku. Hasilnya polisi kembali menemukan linggis yang disimpan di dapurnya.

Namun, pelaku yang sudah beraksi puluhan kali di Jakarta ini terus berusaha melawan petugas. Karena pelaku tidak mau diam petugas akhirnya meletuskan tembakan peringatan ke udara, tapi SO tidak mengindahkan imbauan itu hingga akhirnya timah panas bersarang di kakinya.

Ditambahkan Rulian, bahwa kelompok mereka beranggotan lima orang, polisi sudah menangkap dua pelaku SO dan PO. Sedangkan tiga pelaku lagi masuk daftar pencarian orang (DPO), yakni berinisial RA, SN dan ZP.

Seperti diberitakan sebelumnya, rumah Steven di Perumahan Villa Kedoya F2, Kebon Jeruk, Jakarta Barat disatroni oleh komplotan pencuri. Pelaku masuk melalui pintu depan dan langsung menodongkan senjata api.

Saat itu, pelaku langsung menyekap Steven bersama anaknya. Usai menyekap, komplotan ini langsung mengambil brangkas dan barang berharga lainnya kemudian melarikan diri.

Comments

comments

News Feed