oleh

PSN Tol Tebing Tinggi Siantar Tarutung Akan Rampung

Penulis: Oktavianus SH

Keterangan Foto: Akses Jalur Tol Kuala Namo – Tebing Tinggi – Parapat – Tarutung,  (Jalan Tol Sumatera) ini bisa segera dijalankan, jika Kementerian PU tak bimbang menunjuk pelaksana pengerjaannya

Berantas.co.id, Jakarta – Salah satu Proyek Strategis Nasioanal (PSN) yakni Pembangunan Jalan Tol Tebing Tinggi–Pematang Siantar–Prapat–Tarutung–Sibolga sesuai apa yang tertuang dalam Perpres No.3 tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan PSN, digadang – gadang bakal rampung dalam dekat ini.

Pembangunan jalan tol yang tercatat sepanjang 200 kilometer, dengan anggaran sebesar Rp19,77 triliun itu, juga disebut – sebut sebagai salah satu kebanggan Bangsa Indonesia, khususnya Propinsi Sumatera Utara, karena dinilai telah berhasil maju puluhan tahun kedepan dalam gerak pembangunan.

Terhadap PSN, sesuai data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, ada sebanyak 17 proyek Jalan Tol yang akan masuk dalam daftar PSN. Sebanyak 16 proyek tersebut,  di antaranya sudah direncanakan sesuai dengan Rencana Panjang Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2015 – 2019.

Ke-17 proyek tol itu totalnya berbiaya investasi sebesar Rp232,06 triliun untuk sepanjang 1.533,1 kilometer.

Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna dalam temu persnya kepada wartawan di Jakarta belum lama ini menyebutkan, 17 proyek itu telah memenuhi syarat kriteria dasar untuk masuk ke dalam daftar PSN, seperti izin teknis dan syarat dokumen yang lengkap.

Masuknya proyek-proyek tersebut ke dalam PSN, maka pelaksanaannya nanti akan diprioritaskan dalam penganggaran serta mendapatkan jaminan atau pun dana talangan, seperti talangan lahan oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) dalam proyek tol. Sehingga pembangunannya akan lebih pasti.

Janji Presiden Joko Widodo dan Menteri Pariwisata Arief Yahya untuk menuntaskan akses menuju destinasi kelas dunia di Danau Toba, Sumatera Utara, terbukti. Dalam hitungan hari, aktivasi Bandara Silangit dan jalur kereta dari Medan ke Pematangsiantar serta ada jalan tol Medan – Kuala Namu (KNO) – Tebing Tinggi yang siap beroperasi.

“Selain jalur udara, yang dibangun Bandara Silangit dan Sibisa, jalur darat juga dikebut Pemerintah. Tanggal 19 Juni 2017, Jalan Tol Medan-Kuala Namu (KNO)-Tebing Tinggi sudah siap beroperasi,” terang Ketua Pokja Percepatan 10 Destinasi Prioritas Kemenpar Hiramsyah S Thaib didampingi Kepala Badan Pelaksana Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba Arie Prasetyo.

Kualitas jalannya pun dibangun dengan standar dunia. Tidak asal-asalan. Lebar jalur dari Tebingtinggi ke Siantar diperlebar. Siantar ke Parapat juga diperlebar. Parapat ke Sibolga juga diperlebar. Endingnya, wisawatan mancanegara yang ingin ke Danau Toba via Kuala Namu tidak lagi menghabiskan waktu lama. Cukup dua jam, wisatawan sudah bisa tiba ke Danau Toba dari Kuala Namu.

Faktanya, banyak keistimewaan Danau Toba yang layak dijadikan tujuan wisata kelas dunia. Dari mulai tampilan rumah adat, seni budaya, makam raja-raja Batak, semuanya ada di sana. Pengunjung dapat menemukan wisata alam, budaya, sejarah, kuliner, hingga spiritual sekaligus.

Comments

comments

News Feed