oleh

4 Pilar Kebangsaan Sebagai Pondasi Generasi Muda Dalam Mengisi Kemerdekaan

Kontributor : Iyan

Editor : redaksi

Berantas.co.id, Jakarta – 4 Pilar Kebangsaan Pancasila Sebagai Fondasi Generasi Muda Dalam Mengisi Kemerdekaan adalah judul materi yang disampaikan oleh Kapten Kav Elba di hadapan para siswa SMK 26 Kel.Rawamangun.,Kec.Pulogadung pada Senin,12 Agustus. “memantapkan ideologi Pancasila dan menangkal ideologi radikal yg dpt mengancam keutuhan NKRI”

Dikatakan oleh Kapten Kav Elba,bahwa untuk membentuk karakter yang kuat dalam diri generasi anak bangsa,maka perlu dilakukan upaya yg kuat dari berbagai elemen.Yaitu orang tua,guru dan pemerintah.
Orang tua diharapkan dapat mendidik anak anak nya dengan memberikan contoh yg baik pada anak- anak nya,karena orang tua merupakan contoh pertama yg akan dilihat dan ditiru perbuatan nya oleh anak-anak nya.Dan pendidikan yang diberikan oleh guru di sekolah merupakan pelengkap dari apa yang telah diberikan pendidikan oleh tua nya di rumah.Begitupun pemerintah juga harus bisa menciptakan stabilitas keamanan yg jauh dari tindakan kriminalitas dan narkoba.

4 Pilar Kebangsaan ini perlu ditanamkan dalam jiwa anak bangsa sebagai generasi penerus bangsa. Karena jika 4 Pilar Kebangsaan ini sudah tertanam kuat dalam pribadi anak bangsa, maka secara otomatis akan terbentuk karakter yg kuat dalam diri anak anak muda generasi penerus bangsa. 4 pilar kebangsaan itu adalah pacasila, UUD 45, Bhineka tunggal ika, NKRI. Dengan demikian mereka tidak akan mudah terpancing dalam hal hal yg sifat nya negativ seperti tawuran dan pemakaian narkoba.

Disampaikan oleh Kapten Elba dihadapan siswa bahwa generasi bangsa yang kuat dan tangguhlah yang akan meyelamatkan negara nya dari kehancuran.Untuk itu siswa perlu mengenal dan memahami serta menerapkan 4Pilar Kebangsaan itu dalam kehidupan sehari hari sebagai pondasi dalam membentuk karakter yang kuat dan tangguh dalam diri anak muda sebagai generasi penerus bangsa.4 Pilar Kebangsaan itu adalah Kokoh nya Kebangsaan Indonesia,Bernegara Kebangsaan NKRI,UUD dan Bhineka Tunggal Ika.Ciptakan rasa mencintai bangsa sendiri,sebab jika rasa cinta terhadap tanah air sudah terranam kuat dalam diri,maka secara naluriah akan timbul rasa untuk membela negara nya jika negara nya merasa terganggu oleh negara lain.Anak muda yang sehat dan cerdas merupakan harapan negara dalam membangun bangsa ke depan nya sebagai bangsa yang berdikari dan kokoh dalam percaturan dunia

Comments

comments

News Feed