oleh

PPKM Tingkat RT, Upaya RW.08 Jatipulo Raih Zonasi Hijau

Penulis : M Solichin

Editor : Redaksi

Berantas.co.id, JAKARTA BARAT – Berdasarkan update data dari pihak Kelurahan Jatipulo per tanggal 28 Februari 2021, kasus positif Covid-19 di Wilayah RW.08 Jatipulo, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat tercatat nihil.

Oleh karenanya pihak pengurus RT yang dikomandoi oleh Satgas Covid-19 RW.08 Jatipulo beserta RW dan LMK mengibarkan umbul-umbul berwarna hijau di wilayah RW 08 yaitu 16 titik RT.

“Alhamdulillah update kasus Covid-19 di wilayah RW.08 Jatipulo, Palmerah Jakarta Barat, per tanggal 28 feb 2021 termasuk zona Hijau Covid, hal ini berdasarkan data dari pihak kelurahan bahwa tidak adanya kasus covid sementara sampai dengan tanggal 28 Februari 2021”, ujar LMK RW.08 Jatipulo Muhamad Ridwan kepada wartawan, Minggu (28/2/2021) Malam.

“Dari awal penetapan Pemerintah mengenai PPKM tingkat Rw awal bulan Februari lalu, tercatat di RW.08 Jatipulo kasus pertanggal 06 Februari 2021 menurun dari 12 kasus menjadi 1 kasus positif”, tambahnya lagi.

“Dan alhamdulillah setelah tanggal 06 Februari kasusnya terus menurun menjadi 0 (nol) kasus dan bertahan selama 2 minggu sebelum ada kasus baru di tanggal 23 sampai akhirnya di tanggal 28 feb ini menurun nol kasus dan kami akam tetap mempertahankan nol kasus di wilayah kami”, pungkas Ridwan.

Adapun beberapa upaya dan langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Satgas Covid-19 RW.08 Jatipulo antara lain:

1. Satgas Covid tingkat RW bekerjasama dengan LMK, RW, RT, PKK, PIKK saling berkordinasi dan cepat tanggap jika ada info kasus positif, termasuk memberikan suport makanan kepada warga yang sedang menjalani isolasi mandiri sebagai bentuk dukungan moril dan material dalam upaya menuntaskan isolasi mandiri.

2. Melakukan himbauan secara rutin mematuhi protokol kesehatan setiap hari melalui pengeras suara, dan media pertemuan lainnya.

3. Melakukan penyemprotan disinfektan rutin mingguan ( program singkatan dari PEREMPUAN ) di wilayah RT masing masing setiap hari sabtu dan minggu.

4. Membagikan Vitamin C kepada warga sambil memberikan informasi gerakan kesehatan masyarakat untuk mengkonsumsi suplemen dan vitamin.

Dirinya selaku LMK RW.08 Kelurahan Jatipulo, Muhamad Ridwan menghimbau, “Selagi wabah covid ini masih berlangsung, kasus aktif naik dan turun setiap RW di wilayah Kelurahan Jatipulo adalah sesuatu hal yang wajar. Yang terpenting cegah penyebaran dan penularannya dengan ikuti protokol kesehatan secara konsisten dan tidak bosan-bosannya untuk memakai masker standar secara benar di dalam rumah maupun di luar rumah, menghindari sentuhan baik bersentuhan dengan orang lain atau menyentuh bagian muka kita dengan tangan sebelum nyakin bersih, selalu cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer”.

“Setiap Rumah dan Wilayah sekitar, secara berkala disemprot disinfektan. penyemprotan disinfektan diutamakan pada barang-barang atau bagian rumah yang sering di pegang. Segera cuci pakaian kotor atau pisahkan jaket atau kemeja yang sudah dipakai dalam beraktifitas di luar. Pengurus RT dan RW memantau kondisi warganya, jika ada yang sakit segera berobat ke klinik atau puskesmas terdekat dan lakukan isolasi mandiri walaupun belum tentu covid, ini untuk menanggulangi penyebaran virus kluster rumah tangga. Jika pasien menimbulkan gejala covid dan kondisinya buruk diperlukan perawatan rumah sakit, mohon kordinasi dengan satgas covid tingkat RT dan RW”, urainya.

“Usahakan setiap rumah warga disinari sinar matahari dan ventilasi udara yang baik setiap pagi. Berolahraga, berjemur dan mengkonsumsi suplemen vitamin baik vitamin C Maupun Vitamin E. Memohon Perlindungan kepada sang Pencipta agar wilayah kita selalu dijaga kondisinya dan disehatkan jika ada yang sakit. Untuk Jatipulo Cemerlang dan Untuk Jatipulo zona Hijau”, tutup LMK RW.08 Jatipulo M. Ridwan.

Comments

comments

News Feed