oleh

Beri Bantuan Hukum Kasus Asusila, Advokat Hario PPWI Beri Apresiasi Pada Penyidik Polsek Kalideres

Penulis: Ryan

Editor: Redaksi

 

 

Berantas.co.id, Advokat Hario yg tergabung pada PPWI memberikan apresiasi pada penyidik Polsek kali deres yg bertindak cepat memproses kakek asusila menurut nya perlu sanksi kebiri di terapkan atas peristiwa hukum yg menimpaAnak Pemilik Warung Di Tegal Alur Jadi Korban Pelecehan
Laporan: Munif Minggu 25 Juli 2021 | 18:34 WIB
7
…… – Ilustrasi Pelecehan seksual/ net
Ilustrasi Pelecehan seksual/ net

Berpura-pura menjadi pembeli di sebuah warung di Jalan Permata Ujung, Tegal Alur, Kalideres Jakarta Barat, Minggu siang, seorang pria paruh baya nekat melakukan tindak pelecehan seksual terhadap seorang remaja putri.

Korban merupakan anak pemilik warung yang tengah tertidur di lantai atas warung yang juga tempat tinggal korban.

Pelaku yang masih tetangga korban berbeda RT tersebut akhirnya ditangkap warga dan langsung diserahkan ke pihak kepolisian.

Warga RT 06/RW 15, Jalan Permata Ujung Tegal Alur Kalideres Jakarta Barat, Minggu siang, digegerkan dengan aksi pelecehan seksual yang dilakukan oleh seorang pria paruh baya terhadap seorang remaja putri berusia 17 tahun di sebuah warung kelontong.

Habiburokhman: Polisi Harus Tindak Tegas Pelaku Perkosaan…
Tindakan pelecehan seksual tersebut diketahui terjadi saat pelaku yang juga masih tetangga korban yang berbeda RT tersebut berpura-pura membeli makanan di warung milik orangtua korban.

Namun karena situasi yang sepi di lokasi, pelaku justru nekat masuk ke dalam warung yang juga tempat tinggal, korban, berinisial ID, bersama orangtuanya, dan lalu naik ke lantai atas dan mendapati korban tengah tertidur pulas.

Mendapati korban yang masih duduk dikelas 3 SMA lengah, pelaku kemudian menggerayangi bagian tubuh korban, hingga korban sontak terbangun, dan langsung berteriak serta menagis.

Meski sempat kabur, pelaku akhirnya berhasil ditangkap orangtua korban dan warga sekitar, dan langsung dibawa ke balai warga setempat.

Dihadapan pengurus RW dan warga pelaku, RH, pria 61 tahun, yang telah memiliki istri dan 4 orang anak ini pun mengakui perbuatannya tersebut. Namun dirinya membantah jika perlakuan tak seronohnya tersebut atas dasar paksaan.

“Terjadi pelecehan seksual jadi kami dampingi Kantib dan pengurus RW 15 menuju lokasi dan kami dapatkan memang terjadi pelecehan seksual,” ujar Ketua RW 015, Sarbani Misar, di lokasi kejadian, Minggu (25/7).

Mendapati laporan dari warga atas kejadian tersebut, sejumlah anggota Kepolisian langsung mendatangi lokasi kejadian dan langsung mengamankan pelaku kantor Polsek Kalideres Jakarta Barat untuk dilakukanSeorang praktisi muda Hario Setyo Wijanarko,. SH saat dimintai pendapatnya tentang kasus asusila tersebut. Menurutnya : Bahwa perbuatan yang dilakukan oleh si pelaku sangatlah tidak patut baik dipandang dari sisi kemanusiaan ataupun dari sisi agama apalagi dari sisi hukum. Jelas bahwa perbuatan asusila yang dilakukan oleh si pelaku terhadap anak dibawah umur harus diberikan sanksi hukum yang berat, baru-baru ini juga negara sudah mengatur hukuman kebiri bagi para pelaku asusila seperti demikian, kita bisa sebut si pelaku ini adalah seorang predator. Mengapa demikian karna korbannya adalah anak-anak dibawah umur ataupun anak-anak remaja. Maka hukuman kebiri dapat diberlakukan padanya. Dapat dilihat dari actus rea (perbuatannya) maka berdasarkan perbuatannya itu terpenuhi juga motif niat jahat (mensrea nya) dari si pelaku (predator) ini. Maka sangat di apresiasi tindakan dan sikap yang telah pihak kepolisian ambil dengan sigap. Sekian pendapat dari saya.
Jelas dan tegas intonasi dari praktisi hukum muda Hario Setyo Wijanarko,. SH saat diwawancarai oleh awak media. pemeriksaan lebih lanjut

Comments

comments

News Feed