Bentuk Karakter, Koramil 03 Grogol Palmerah Bekali Pramuka Dengan Pembinaan Wasbang

Kontributor : M Solichin

Editor : Redaksi

Berantas.co.id, JAKARTA – Dalam rangka membentuk masyarakat yang berkarakter, Koramil 03 Grogol Palmerah membekali para anggota Pramuka di dua wilayah Kecamatan Grogol Petamburan dan Palmerah dengan materi Pembinaan Wawasan Kebangsaan, dengan tema “Membentuk Masyarakat Berkarakter”, bertempat di Aula Makoramil 03/GP, Jl. Anggrek Garuda V Blok E RT.005/RW.02 Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat, Sabtu (11/7/2020) Pagi.

Dalam kegiatan Pembinaan Wawasan Kebangsan ini, setiap peserta diberlakukan Protokol Kesehatan Covid-19 antara lain wajib mengenakan masker, pengecekan suhu tubuh dengan menggunakan Thermo Gun dan para peserta juga diwajibbkan mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer. Kemudian seluruh peserta kegiatan Wasbang menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya secara khidmat yang dipandu oleh Serda Aditya Baruna.

Selanjutnya Kegiatan Pembinaan Wawasan Kebangsaan dibuka oleh Danramil 03 Grogol Palmerah Kapten inf Irwan Triyono sekaligus memberikan motivasi bagi para Pramuka.

“Sebelumnya kami ucapkan terima kasih atas kehadiran adik-adik Pramuka sekalian yang telah meluangkan waktunya untuk hadir dalam kegiatan Pembinaan Wawasan Kebangsaan pada pagi hari ini. Hari ini kita tetap memberlakukan Protokol Kesehatan Covid-19 dalam kegiatan ini untuk mengantisipasi penularan Virus Corona (Covid-19)”, ucap Danramil.

“Kami sangat berharap dengan kegiatan Wasbang ini, seluruh peserta dapat mengimplementasikan seluruh materi Wasbang dalam kehidupan sehari-hari dan berkarakter moral yang mulia sehingga berguna bagi agama, diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara”, pungkas Danramil 03/GP Kapten Inf Irwan Triyono.

Sementara itu, Materi Pembinaan Wawasan Kebangsaan diberikan oleh Narasumber yakni Bati Tuud Koramil 03/GP Pelda Edi Rustandi.
“Kami dari Koramil 03/GP menyelenggarakan Kegiatan Pembinaan Wawasan Kebangsaan dalam masa PSBB Transisi Pandemi Covid-19 bagi para Pramuka yang ada di Wilayah Teritorial Koramil 03/GP dengan tetap menerapkan disiplin mematuhi Protokol Kesehatan seperti wajib mengenakan masker, pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan dengan sabun & hand sanitizer dan menjaga jarak (physical distancing)”, tegas Pelda Edi Rustandi.

Dalam paparannya, Bati Tuud Pelda Edi Rustandi menjelaskan pentingnya wawasan kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Semangat Nasionalisme dalam Wawasan Kebangsaan wajib diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Pesan saya tetap jaga kekompakan, kebersamaan sesama anggota Pramuka, karena kalian adalah agen perubahan dan penerus bangsa di masa depan. Tidak menutup kemungkinan kalian adalah calon pemimpin masa yang akan datang, tetap semangat menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”, jelas Bati Tuud Koramil 03/GP Pelda Edi Rustandi menutup paparan Wasbang.

Kemudian seluruh peserta Pembinaan Wasbang beristirahat makan siang. Dan dilanjutkan dengan Materi lapangan Pramuka Saka Wira Kartika serta kegiatan diakhiri dengan pelaksanaan Bakti Sosial berupa pendistribusian Beras 5 Kg dan pembagian masker oleh seluruh Pramuka yang didampingi Babinsa Grogol Sertu M. Sodiq dengan sasaran warga masyarakat yang membutuhkan terutama bagi warga terdampak Pandemi Covid-19 di Kawasan Grogol, Jakarta Barat.

Comments

comments