oleh

Kunjungi Seskoad, Kadislitbangad Gelar Asnik dan Cek Kesiapan Seminar Hasil Penelitian Seskoad

Penulis: Yuli

Editor: Redaksi

 

 

Berantas.co.id, JAKARTA, tniad.mil.id
– Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Kadislitbangad) Brigjen TNI Terry Tresna Purnama, S.I.Kom., M.M., melaksanakan Asistensi Teknik (Asnik) Litbanghan TNI AD semester I TA 2021 di Seskoad, Bandung, Jumat (18/6/2021). Kedatangan Kadislitbangad beserta tim Asnik tersebut juga bermaksud mengecek kesiapan hasil penelitian dan pengembahan Seskoad yang akan diseminarkan.

Sebelum melaksanakan Asnik, Kadislitbangad berkesempatan bersilaturahmi dengan Danseskoad Mayjen TNI Anton Nugroho, MMDS., M.A., Wadanseskoad beserta unsur pimpinan Seskoad lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Kadislitbanhad mangatakan bahwa hasil penelitian dan pengembangan Insani TA 2020 yang dilakukan oleh Seskoad dengan judul ”Analisa Karakter Kepemimpinan Komandan Satuan Guna Mewujudkan Prajurit Uang Handal dan Kompeten,” layak untuk diseminarkan. Hal ini karena produknya bagus dan outputnya untuk para Dansat sesuai dan selaras dengan kondisi saat ini.

“Judul ini sesuai dan selaras dengan kondisi Dansat saat ini. Harapannya untuk melahirkan sebuah konsep seorang Dansat yang handal dan kompeten,” ujarnya.

Ia pun mengungkapkan rencana seminar tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 21 Oktober 2021 dengan menghadirkan para narasumber yang kompeten dibidangnya yang berasal dari Angkatan Darat, Kementerian Pertahanan RI, Universitas Pertahanan termasuk perguruan tinggi lainnya yang berkaitan dengan hasil penelitian Seskoad tersebut.

Rencana seminar ini pun mendapat tanggapan dan sambutan yang positip dari Komandan Seskoad Mayjen TNI Anton Nugroho, MMDS., M.A.

Danseskoad pun memberikan penekanan untuk agar pelaksanaan kegiatan seminar dari hasil penelitian Seskoad bisa berjalan dengan baik dan sukses.

“Siapkan sebaik-baiknya, dukung yang maksimal dalam pelaksaan seminar nanti, laksanakan kordinasi dengan baik sebelum pelaksanaan seminar,” katanya.

Sementara itu dalam pelaksanaan kegiatan Asnik Kadislitbangad mengatakan bahwa Asistensi teknik (Asnik) merupakan salah satu kegiatan bimbingan teknis litbanghan oleh pemegang LKT tingkat pusat (Dislitbangad) kepada penyelenggara Litbanghan dan badan/pejabat yang berhubungan dengan Litbanghan agar sesuai dengan sasaran dan tujuan.

Adapun tujuan diselenggarakannya kegiatan ini yaitu untuk memberikan arahan atau supervisi ilmiah kepada pelaksana kegiatan Litbanghan di lingkungan TNI AD, agar kegiatan tersebut dapat berjalan secara objektif, rasional, terukur & akuntabel sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kemudian dijelaskan Kadislitbangad, program Litbanghan tahun 2021 kegiatan peneltian bidang Materiel sebanyak 19 kegiatan dan non materiel Insani 9 kegiatan serta Sismet 6 kegitan penelitian. Untuk Seskoad sendiri ada 3 judul penelitian yaitu pertama konsepsi gelar kekuatan Matra Darat dalam rangka memperkuat pertahanan wilayah Ibu Kota baru. Kedua analisis penyiapan second carier personel TNI AD dalam rangka memelihara siklus pembinaan personel di tubuh TNI AD, kemudian yang ketiga peranan learning management Sistem dalam proses belajar mengajar pada pendidikan reguler Seskoad, program kegiatan 3 penelitian ini akan di Asnik pada semester I terkait Rancana Penelitian, metode Penelitian instrumen Penelitian, tehnik sampling, tehnik pengumpulan data, serta tinjauan pustaka.

Berkaitan dengan hal tersebut Dirjianbang Brigjen TNI Dwi Endrosasongko., S.Sos., mennyampaikan bahwa Staf Jianbang Seskoad mengaharapkan bimbingan dan arahan serta masukan terkait dalam pelaksanaan Asnik disemester pertama, Tim Pokja Litbanghan TA 2021 akan melaporkan perkembangan kemajuan fisik dalam penelitian serta perkembangan kemajuan administrasi dalam semester pertama, ini menjadi sesuatu hal yang sangat positif karena dihadiri langsung Kadislitbangad berarti sangat mengatensi kegiatan Litbanghan tahun 2021 di Seskoad ini.

“Kami wellcome, silahkan tim Asnik dari Dislitbangad berikan saran dan masukan demi memperoleh hasil penelitian yang baik dan optimal dalam kegiatan 3 kegiatan penelitian di Seskoad,” ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan Asistensi Teknis Litbanghan TNI ADsemester I TA 2021, Para Kabag Jianbang Seskoad serta tim Pokja Litbanghan 2021. Tim Asnik Kolonel Inf Slamet Riyanto,S. Ag., M.M., Pa Ahli Matut, Letkol Arh Abdul Cholik Kabagpam Dislitbangad. (Dispenad).

Comments

comments

News Feed