oleh

Mabes Polri Berharap Semua Jembatan Di Audit

Penulis : Halim 

Berantas.co.id – Jakarta – Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto meminta agar seluruh jembatan di Pulau Jawa segera diaudit. Pernyataan ini terkait ambruknya Jembatan Babat, penghubung jalur pantura Semarang-Surabaya, Selasa (17/4/18).

“Saya mengimbau dari Perhubungan Darat, ini kesempatan baik untuk melakukan audit jembatan yang ada. Seluruh jembatan di pulau Jawa ini memang seharusnya diaudit secara menyeluruh,” kata Setyo kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Rabu (18/4/18).

Menurut Setyo, pelaksanaan audit sangat penting karena banyak jembatan sudah cukup lama dan sering dilalui oleh kendaraan bermuatan berat.

“Karena masih ada jembatan yang sudah lama, dan beban yang melewati jembatan itu semakin hari semakin padat, selayaknya ada audit menyeluruh agar lebih safety lagi,” jelasnya.

Setyo juga meminta, jelang mudik Lebaran, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) agar segera mengambil langkah, perbaikan atau pembuatan jembatan alternatif sementara.

“Kalau sekarang kan ada kerusakan, jadi harus diantisipasi dengan buat jembatan darurat. Masih ada waktu semoga bisa diantisipasi dengan cepat oleh rekan-rekan dari PUPR,” tutupnya.

Diketahui, Jembatan Babat, di Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur ambruk pada Selasa (17/4/18) kemarin sekira pukul 11.00 WIB. Akibat kejadian itu, tiga kendaraan jenis Dump Truk dan satu sepeda motor jatuh ke dalam sungai.

Comments

comments

News Feed