Ngobrol Pintar Bersama BTV, Danyon A Bahas Peran Brimob Dalam Pengamanan Pemilu 2024 di Kaltim

Penulis : Yuli

Editor : redaksi

 

 

 

Berantas.co.id, BALIKPAPAN – Melalui dialog interaktif bersama Balikpapan TV, Satuan Brimob Polda Kaltim terkait pengamanan dan kelancaran Pemilu 2024, di Studio Balikpapan TV, Gedung Biru Kaltim Post Jln. Soekarno Hatta Km 3,5 Balikpapan, Rabu (20/12/2023).

Dalam Ngobrol Pintar (Ngopi) Danyon A Pelopor Sat Brimob Polda Kaltim Kompol Iwan Pamuji, S.H. selaku narasumber menjelaskan Sat Brimob Polda Kaltim memainkan peran yang sangat penting dalam Operasi Mantab Brata Tahun 2024 di Kaltim.

Pemilihan umum adalah fondasi kuat bagi demokrasi sebuah negara. Di Indonesia, Pemilu adalah rangkaian tahapan yang dimulai dengan pendaftaran calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Seluruh kegiatan ini dilakukan secara serentak, dan dibutuhkan penambahan personel dan kekuatan untuk menghadapi potensi gangguan kamtibmas yang bervariasi, mulai dari tindak pidana dengan eskalasi rendah hingga tinggi yang bisa memunculkan konflik horizontal.

Danyon A Pelopor Kompol Iwan Pamuji mengatakan, Brimob sebagai bagian dari Polri, memiliki tugas utama dalam menghadapi potensi-potensi ini dan memastikan keamanan selama periode pemilu. Peran Brimob meliputi Satgas Tindak yang terbagi dalam empat Subsatgas: Subsatgas Penanganan Huru-Hara (PHH), Subsatgas Aksi Khusus, Subsatgas SAR (Search and Rescue), dan Subsatgas Jibom (Jihandak dan Bom).

“Subsatgas PHH memiliki tugas penanganan dan pengendalian unjuk rasa atau huru hara yang berkaitan dengan Pemilu. Mereka juga bertanggung jawab untuk pengamanan dan pengawalan massa yang telah selesai unjuk rasa dan membubarkan diri dengan aman.” Ucap Kompol Iwan Pamuji.
Subsatgas Aksi Khusus melakukan tugas-tugas turjawali di lokasi kegiatan dan tempat-tempat yang berpotensi terjadinya aksi tindak pidana dan tindakan lain yang mengganggu kamtibmas. Mereka juga terlibat dalam penindakan unjuk rasa atau huru hara serta penanganan konflik sosial.

“Sementara Tugas Sub Satgas SAR adalah melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan dalam membantu dan mengevakuasi korban kecelakaan, akibat bencana, dan/atau kondisi membahayakan manusia. Ini termasuk pencarian dan pertolongan terhadap korban bencana selama tahapan Pemilu.” Ujar Kompol Iwan Pamuji.

Ada lagi, Subsatgas Jibom memiliki peran penting dalam sterilisasi dan deteksi adanya bahan peledak di tempat-tempat strategis seperti kantor penyelenggara Pemilu, kantor KPU, kantor Bawaslu, akomodasi Capres dan/atau Cawapres, tempat kampanye, dan TPS tertentu. Mereka juga bertugas mengamankan temuan barang/bahan berbahaya dan tindakan penyidikan terhadap pelaku.

“Selain tugas-tugas tersebut, Satgas Tindak juga bertanggung jawab untuk melaksanakan sterilisasi di tempat penyelenggaraan Pemilu 2024 dan tindakan kepolisian terhadap kejahatan berintensitas tinggi yang ditemukan selama pelaksanaan Operasi Mantab Brata.” Kata Kompol Iwan Pamuji.

Sementara itu Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. Andy Rifai, S.I.K., M.H. menambahkan peran Brimob dalam menjaga keamanan Pemilu 2024 sangat vital. Dengan komitmen kuat dan persiapan matang, diharapkan bahwa seluruh rangkaian pelaksanaan pemilu serentak bisa berjalan dengan lancar dan aman.

“Keberhasilan Pemilu bukan hanya menentukan pemimpin, tetapi juga memastikan situasi kamtibmas yang terjaga adalah kunci untuk pertumbuhan ekonomi yang stabil. Operasi Mantab Brata adalah bukti nyata komitmen Brimob dalam menjaga demokrasi Indonesia yang damai dan aman.” Pungkas Andy Rifai.

Comments

comments