oleh

Seorang pria tidak dikenal secara paksa masuk di mako SATUAN BRIMOB POLDA SULTRA

Penulis : Rony

Editor : Redaksi

Berantas.co.id, Sabtu tanggal 20 Juni 2020 sekitar jam 16.20 Wita, bertempat di Mako Sat Brimob Polda Sultra telah memaksa masuk di kesatriaaan seorang pria dengan identitas sebagai berikut :

a. Nama : *Salman*
b. T.T.L : Bone, 24 Agustus 1979
c. Alamat : *Desa Pudahoa, Kel. Pudahoa, Kec. Mowila Kab. Konsel*
d. Agama : Islam
e. Pek. : Petani/pekebun
f. Status : Kawin

*2.* Adapun Kronologis Kejadian sebagai berikut : Seorang pria dengan identitas diatas berjalan melawan arus dari arah Konda/Kab. Konsel langsung masuk ke Mako Sat. Brimobda Sultra bersamaan dengan masuknya kendaraan KBR Den Gegana kemudian dengan sigap dihentikan oleh piket jaga namun pria tersebut tidak terima dihentikan dan turun dari motornya dan melakukan pemaksaan sambil meneriakkan kalimat takbir “Allahu Akbar” dan memancing personil jaga melakukan penembakan kepada dirinya. Setelah beberapa saat akhirnya pria tersebut berhasil diamankan oleh personil Sat Brimob Polda Sultra.

*3.* Sekitar jam 16.30 Wita,pria tersebut berhasil di amankan di Mako Sat Brimobda Sultra dipimpin langsung oleh Komandan Satuan Satuan Brimobda Sultra Kombes Pol. Adarma Sinaga, SIK., M.Hum bersama :
Kabag Ops, AKP. Asri Diyni., S.E., M.M
Kasi Intelmob, Iptu Hartono Rahman
Wakasubden 2 Den Gegana, Iptu Jacob Kamaru,
Kasilog, Iptu Rustan Hamid
Kasubden KBR, Iptu Kade Agus
Kasubsi Opsnal Seksi Intel, Aiptu Alimuddin Latief., S.H
Personil Piket Jaga Mako

*4.* Barang bukti yang ditemukan pada diri pelaku sebagai berikut :
– Helm standar merk Bogo
– Sepatu kets merk Air Pro
– Payung
– HP merk Nokia 2 buah
– HP merk Oppo 1 buah
– Tas samping warna hitam
– Jam tangan
– Sorban warna coklat
– Songko/peci
– Masker scuba
– Uang kertas Rp. 2000
– Uang kertas senilai 1 Ringgit Malaysia
– Korek api 1 buah
– Sikat gigi
– Kayu Siwak
– Paku 1 buah
– Parfum
– Cas HP Samsung
– Kartu Kontrol Dinkes Puskesmas Mowila
– Kunci Motor
– KTP Elektronik 2 buah (suami istri)
– SIM C
– Kartu Listrik
– ATM BRI
– Bensin 1 liter dalam botol Aqua besar
– Motor merk Supra X 125CC
– Rokok Surya
– 1 Rol Kabel Listrik
– Sendal
– Flashdisk
– Kawat spul dinamo
– Obeng plat
– Busi motor
– Gagang besi (senjata pukul rakitan)

5. Situasi Mako Sat Brimobda Sultra dalam keadaan aman terkendali.

*III. Catatan :*

*1. Analisa*

*a.* Pelaku dengan sengaja memaksakan diri menerobos pengamanan penjagaan Mako Sat Brimob Polda Sultra dan sengaja meneriakkan Kalimat Takbir dengen tujuan memprovokasi Anggota Polri yang sedang melaksanakan Jaga mako untuk melakukan tindakan represif berupa penembakan terhadap pelaku.

*b.* Motif Pelaku sengaja melakukan penyerangan kepada Mako dan Personil Polri berseragam yang sedang bertugas dilapangan

*2. Prediksi*

*a.* Dimungkinkan pelaku ada keterkaitan dengan jaringan teroris di indonesia yang kerap melakukan aksi ( amalia ) dengan sasaran Persenel dan Mako Polri.

*b.* Tidak menututup kemungkinan ada pelaku lain / rekan pelaku yang memiliki pemahaman radikal yang sama dengan pelaku dan merencanakan aksi yang sama dengan sasaran Personel dan Mako Polri yang ada diwilayak kota Kendari dan Sulawesi tenggara .

*3. Rekomendasi*

*a.* Sat Intelkam melakukan koordinasi dengan Dit Intelkam Polda Sultra dan Densus 88 Anti teror Korwil Sultra dalam Pulbaket jaringan pelaku teror dan kelompok radikal yang ada di wilayah kota Kendari dan Wilayah Sulawesi tenggara.

*b.* Agar Meninggkatkan pam mako baik di Mako Polres Kendari dan Mako Polsek jajaran khususnya sispam mako apa Penjagaan dalam kesiap siagaan menagantisipasi aksi penyerangan terhadap Mako Polri.

*c.* Agar memberikan atensi kepada setiap personel Polri yang melaksanakan tugas untuk meningkatkan kewaspadaan serta tidak melaksanakan tugas sendirian dan menerapkan Body sistem dalam setiap pelaksanaan tugas dilapangan maupun di mako

*d.* Agar rutin melakukan patroli dalam mako terutama pada jam – jam kecil serta selektif dalam pengawasan terhadap orang yang keluar masuk mako khususnya pada malam hari.

*Demikian *

Comments

comments

News Feed