oleh

Babinsa Serda Ade Turut Berantas Nyamuk DBD

Penulis : Redaksi

Berantas.co.id, JAKARTA BARAT – Babinsa Koramil 03/GP Serda Ade Syafrudin melaksanakan dukungannya dalam program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan mendampingi tugas rutin Juru Pemantu Jentik (Jumantik) RT005/RW02 Kelurahan Kemanggisan yang sedang mengecek kolam dan penampungan air yang terdapat di Makoramil 03/GP, Jl. Anggrek Garuda V Blok E RT005/RW02 Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat, Rabu Siang (6/2/2019). Babinsa Serda Ade Syafrudin yang sedang melaksanakan tugas piket mendukung kegiatan PSN ini yang dilaksanakan dalam rangka pencegahan penyakit menular Demam Berdarah Dengue (DBD) yang ditularkan melalui nyamuk Aedes Aegypti.

“Alhamdulillah di lingkungan Makoramil 03/GP setiap penampungan air ditaruh dengan ikan guna mencegah jentik hidup di dalam air tersebut,” ucap Babinsa Serda Ade seraya mendampingi Jumantik yang melakukan pengecekan kolam ikan dan bak penampungan air.

Sementara itu, Jumantik RT005/RW 02 Kemanggisan menuturkan upayanya dalam pencegahan nyamuk aedes diingkungannya.

“Saya selaku jumantik RT005/RW02 Kelurahan Kemanggisan melaksanakan pengecekan rutin PSN, berupaya mencegah dan membasmi sarang nyamuk di lingkungan kami,” ucap Ibu Tuti dengan semangatnya kepada awak media.

Seperti diketahui bahwa setiap tahunnya kejadian penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Indonesia cenderung meningkat pada pertengahan musim penghujan sekitar bulan Januari, dan cenderung turun pada bulan Februari hingga ke penghujung tahun.

Dalam penanganan DBD, peran serta masyarakat untuk menekan kasus ini sangat menentukan. Oleh karenanya program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus perlu terus dilakukan secara berkelanjutan sepanjang tahun khususnya pada musim penghujan. Program PSN , yaitu: 1) Menguras, adalah membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain 2) Menutup, yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya; dan 3) Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah.

“Mari kita berantas sarang nyamuk Demam berdarah dengan melakukan 3M Plus!”, pekik Babinsa Serda Ade dengan suara lantang.

Adapun yang dimaksud dengan 3M Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti 1) Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan; 2) Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk; 3) Menggunakan kelambu saat tidur; 4) Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk; 5) Menanam tanaman pengusir nyamuk, 6) Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah; 7) Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain.

*by: Jecko Umbrella*

Comments

comments

News Feed