Bantuan sebesar Rp3,5 juta/KPM, MENSOS RI Bersama Menkop UKM Memberdayakan Perserta PKH Graduasi Dengan Usaha Mikro

oleh -14 views

Penulis: Yuli

Editor: Redaksi

Berantas.co.id, NGAMPRAH, SELASA (24/11/2020) – Menteri Sosial Juliari P. Batubara dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meninjau dari dekat dua kegiatan usaha mikro yang dikelola oleh peserta Program Keluarga Harapan (PKH) Graduasi. Menkop UKM siap memberdayakan perserta PKH Graduasi dengan usaha mikro dari Kemensos.

Dalam kesempatan tersebut, Mensos beserta rombongan mengunjungi peserta PKH Graduasi yang sudah menerima Program Kewirausahaan Sosial (ProKUS) di Desa Sindangkerta, Kecamatan Sindangkerta, dan Desa Batulayang, Kecamatan Cililin, di Kabupaten Bandung Barat.

Kunjungan pertama di kediaman Yani Suryani, peserta ProKUS Desa Sindangkerta Kecamatan Sindangkerta dengan skala usaha Scale Up dan jenis klaster kuliner. Memiliki rintisan usaha gula semut, keripik raja rasa, temu lawak, dan jahe merah. Kunjungan kedua ke kediaman Waliah, peserta ProKUS Desa Batulayang Kecamatan Cililin, dengan peningkatan sskala usaha (scale up) dan jenis klaster kuliner dengan rintisan usaha berupa produk minuman.

Mensos Juliari menyambut baik kehadiran Menkop UKM dan kesediaannya menerima dan memberikan intervensi program lebih lanjut kepada peserta ProKUS. “Terima kasih atas dukungan Bapak Menkop UKM kepada kami. Kami punya stok banyak peserta PKH Graduasi yang memiliki rintisan usaha pak. Jadi kami juga siap menyerahkan kepada Kemenkop UKM untuk diberdayakan lebih lanjut,” kata Mensos Juliari, dalam kunjungan tersebut.

Menurut dia, strategi percepata penanganan kemiskinan memang harus bersambung dan berkelanjutan sebagaimana dirintis oleh kedua kementerian ini. “Ini namanya siklus penanganan kemiskinan berjalan tuntas. Nah, PKH Graduasi yang memiliki rintisan usaha tadi tinggal di-assesment. Karena kami punya datanya. Tinggal apakah diberikan KUR, koperasi atau apa,” katanya.

Comments

comments