Berikan Wasbang Lewat Daring, Danramil 02 Matraman Mayor Inf Ahmad Yuono : “Tujuannya agar terbentuk generasi yang berjiwa Nasionalisme”

Kontributor : M Solichin

Editor : Redaksi

 

Berantas.co.id, JAKARTA – Wawasan kebangsaan yang diberikan kepada Siswa – siswi SMK 5 di awal tahun ajaran baru yang masih tetap menggunakan metode belajar di rumah, Wasbang yang diberikan melalui metode Daring (dalam jaringan) Zoom Meeting yang diikuti 300 siswa, siswi bertempat di SMK5 Jl.Pisangan baru Timur, Kelurahan Pisangan Kecamatan Matraman Jakarta Timur, Rabu (15/07/2020).

Pemberian materi Wasbang oleh Danramil 02 Matraman Mayor Inf Ahmad Yuono melalui Daring Zoom Meeting menjelaskan tentang kegiatan Wasbang bertema Nasionalisme dan Bela Negara ini, diikuti sekitar 300 Siswa – siswi SMK 5 tersebut. “Selain untuk meningkatkan wawasan kebangsaan, kegiatan Daring Zoom Meeting ini untuk memupuk jiwa Nasionalisme kepada para Siswa – siswi,” ucapnya.

Danramil mengatakan bahwa Wasbang harus dipahami sejak dini, karena untuk menanamkan ideologi kebangsaan yang kuat dan rasa cinta tanah air serta mengetahui dasar negara Indonesia yaitu Pancasila. Jadi Wasbang ini sangat penting,” tuturnya.

Pada kegiatan tersebut, Danramil mendorong minat generasi muda terkait pemahanan nilai-nilai Pancasila dan nilai-nilai luhur bangsa. “Tujuannya agar terbentuk generasi yang berjiwa Nasionalisme dan diharapkan juga para generasi muda bisa menerapkan ini dalam kehidupannya sehari-hari baik di rumah maupun di lngkungan Sekolah.

Dalam kegiatan ini juga, Danramil mengenalkan kepada para Siswa – siswi tentang wawasan Pancasila, konsep bela negara, cinta Tanah Air, serta sekilas tentang pertahanan negara dan nilai-nilai kebang­saan. “Pancasila itu bukan hanya sekadar hafalan saja, tapi pengamalan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya merupakan aspek penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Kendati menggunakan Daring dan zoom meeting, lanjut Danramil, “Rata-rata seluruh siswa dan siswi mengikuti kegiatan Wasbang tersebut. Bahkan juga diikuti oleh para guru kelas, guru mata pelajaran, dengan menyiapkan sistem belajar diluar Sekolah. Yakni di rumah masing-masing dengan menggunakan komputer dan Laptop sebagai sarana dalam menerima materi Wasbang,” tegas Danramil 02 Matraman Mayor Inf Ahmad Yuono.

Comments

comments