oleh

Desa Terang Akan di Hadiri RI 1

Penulis : Mustofa HK

 

Berantas.co.id, Lampung – Koperasi Jasa Gerakan Nelayan Tani Indonesia (KJG) telah mensosialisasikan Integrasi Program KUR dan Desa Terang pada tanggal 02 Mei 2018 lalu di Swiss Bell Residences Jakarta. Hal itu dikatakan Sri Sutarti Kordinator Desa Terang, di Jakarta, Jum’at (14/9).

Melalui Koperasi Jasa Gerakan Nelayan Tani Indonesia (KJG), Desa Terang salah satu prioritas program yang telah menjadi konseptual dalam membangun keselarasan kerakyatan dan konsistensi bangsa.

Ia memaparkan bahwa Indonesia yang memiliki luas wilayah 2.001.648,97 km2, dan terbentang dari Sabang sampai Merauke, dengan 34 Propinsinya, serta terbagi atas 514 Kota/kabupaten, 7.094 Kecamatan dan 82.509 Desa/ kelurahan, dengan jumlah pulau sebanyak 17.500 pulau, yang dalam catatan PBB sebanyak 13.466 Pulau.

Sambung ia, perwujutan kesetiaan kita kepada negara dan bangsa ini untuk menjaga, membela dan membangunnya antara lain kita harus berusahaa sebaik-baiknya untuk membantu Pemerintah dalam memeratakan pembangunan disegala bidang.

“Kami akan membantu sebagian dari Program Pemerintah dalam menjalankan Roda Pemerintahan dan pembangunan, kami akan berusaha membantu mewujudkan sebagian dari Cita – cita bangsa ini melalui salah satu Program yaitu Program Desa Terang.” ujar Sri.

Dikatakannya, pemerataan pembangunan menjadi prioritas, desa terang adalah konseptual kami dalam membangun dan memasang Listrik dengan menggunakan Solar Cell atau Sel Surya diseluruh pelosok Negeri.

“Kita sesuaikan kebutuhan dan permintaan dari masing-masing daerah berapa kemampuan anggaran yang akan dialokasikan untuk program kami itu.” kata Sri.

Didalam Program Desa Terang, Sel Surya atau Solar Cell dimanfaatkan sebagai sumber tenaga listrik untuk Penerangan Jalan Umum (PJU), dan sebagai Sumber tenaga listrik untuk Perumahan (Solar Home System).

Didalam Paket Solar Home System dilengkapi pengeluaran/ output listrik arus searah / Direct Current (DC) dengan tegangan 12 Volt DC, dan listrik arus bolak-balik / alternative Current (AC) dengan tegangan 220 V AC .

Tegangan output 220 AC ini bisa disambungkan dengan perangkat elektronik antara lain Televisi.

“Untuk besaran Daya yang dipasang, disesuaikan dengan kebutuhan listrik yang akan diperlukan. Paket SHS dalam Desa Terang ini yang diperuntukkan untuk perumahan
warga adalah sebesar 500 Watt, Daya 500 Watt ini akan dipasang 3 (tiga) buah lampu LED dan 1 (satu) unit Televisi 14 Inchi.” papar Sri.

Untuk itu, dijelaskan Sri bahwa program Desa Terang dengan mengambil lokasi di Lampung yang dilaksanakan hari Sabtu, 15 September 2018 dan dihadiri para pejabat tinggi pemerintahan, baik dari desa, bupati, Gubernur, menteri, Kapolri, Panglima TNI dan Presiden RI nanti akan menjadi sumber solusi dalam penerapan komitmen bersama membangun bangsa.

Comments

comments

News Feed