hasil penyelidikan hilangnya Ayu Restari

oleh -332 views

Penulis : Rony

Editor : Redaksi

Berantas.co.id, Ijin melaporkan hasil penyelidikan sementara terkait hilangnya Sdri. Ayu Restari yang merupakan isteri dari Praka Marten Priadinata Chandra NRP. 31090001940387 Taban mudi Kima Korem 023/KS.

Kronologi kejadian.

1. Pada hari Sabtu, 11 April 2020. Praka Marten Priadinata Chandra melaporkan kepada Dankima Korem 023/KS perihal isterinya An. Sdri. Ayu Restari yang melarikan diri dari rumahnya dengan menggunakan SPM dan tanpa sepengatahuan Praka Marten Priadinata Chandra mulai tanggal 09 April 2020.

2. Pada hari Jumat, 17 April 2020. Praka Marten Priadinata Chandra melaporkan kepada Polresta Sibolga perihal hilangnya Sdri. Ayu Restari dan ditindaklanjuti oleh Polresta beserta Denpom I/2 Sibolga dengan melakukan penyelidikan.

3. Berdasarkan laporan tersebut, Denpom I/2 Sibolga melakukan introgasi terhadap Praka Marten Priadinata Candra dengan keterangan awal sebagai berikut :

a. Pada hari Kamis, 9 April 2020 sekira Pkl. 21.50 WIB. Praka Marten Priadinata Candra dan Sdri. Ayu Restari berangkat dari rumah untuk mengantarkan pesanan kosmetik untuk teman Sdri. Ayu Restari yang berkelamin laki-laki di Jln. lintas Sibolga – Padang Sidimpuan (tepatnya dekat SPBU Tanah Ponggol Kab. Tapteng) dengan menggunakan SPM Honda Vario warna Hitam Nopol. D 5735 TW.

b. Setibanya di SPBU Tanah Ponggol, Sdri. Ayu Restari turun dari SPM dan menjumpai temannya untuk memberikan kosmetik yang telah dipesan.

c. Setelah selesai mengantarkan kosmetik, Praka Marten Priadinata Candra dan Sdri. Ayu Restari kembali kerumah. Namun saat melintas di simpang Jl.Mahoni Asmil Korem 023/KS Aek Habil, Sdri. Ayu Restari minta berhenti untuk menemui temannya.

d. Mendengar permintaan Sdri. Ayu Restari tersebut, Praka Marten Priadinata Candra berusaha melarang karena waktu sudah larut malam dan mengingat anak mereka di rumah sendirian. Namun, Sdri. Ayu Restari tetap bersikeras serta memaksa untuk menemui temannya yang akan berangkat ke Provinsi Pekan Baru, sehingga Praka Marten Priadinata Candra mengijinkan Sdri. Ayu Restari pergi dengan menggunakan SPM yang mereka gunakan sedangkan Praka Marten Priadinata Candra langsung pulang ke rumah dengan berjalan kaki.

e. Pada sekira Pkl. 23.00 WIB, Sdri. Ayu Restari belum kembali ke rumah sehingga Praka Marten Priadinata Candra menghubungi Sdri. Ayu Restari melalui HP sebanyak 3 (kali) namun HP nya tidak diangkat dan pada hari Jumat, 10 April 2020 sekira pukul 08.00 WIB Praka Marten Priadinata Candra kembali menghubungi HP Sdri. Ayu Restari sudah tidak aktif.

f. Praka Marten Priadinata Candra menerangkan bahwa semenjak menikah dengan Sdri. Ayu Restari pada bulan Desember 2012, hubungan rumah tangga kurang harmonis dan sering bertengkar dikarenakan Sdri. Ayu Restari mencurigai bahwa Praka Marten Priadinata memiliki wanita idaman lain.

4. Pada hari Minggu, 19 April 2020, Polresta Sibolga dan Denpom I/2 Sibolga melanjutkan penyelidikan terhadap :

a. Identitas :

1) Praka Marten Priadinata Candra.

2) Sdri Winda Novianti Br. Simanjuntak (Perempuan, 28 Thn, Islam, Honorer, Kel.Pasar Batu Gerigis Kec.Barus Kab.Tapanuli Tengah).

3) Sdri. Maria Magdalena Br. Simatupang (Perempuan, 30 Thn, Kristen, Wiraswasta, Jln.Raja Junjungan Lubis Kel.Pandan Kec.Pandan Kab.Tapanuli Tengah).

4) Sdr. Antonius Zebua (Laki-laki, 46 Thn, Kristen, Wiraswasta, Jln. M. Hazairin Kel. Aek Tolang Kec. Pandan Kab. Tapteng).

b. Dari hasil penyelidikan, keempat orang yang diintrogasi mengakui bahwa mereka telah membunuh Sdri. Ayu Restari di jalan PLTA Sipan Sipahoras Kec. Pandan Kab. Tapteng dan membuang mayat tersebut di TKP.

5. Pada hari Rabu, 20 Mei 2020 sekira Pkl. 06.30 WIB. Personel Denpom I/2 Sibolga bersama Polres Tapteng menuju lokasi TKP dan menemukan SPM Honda Vario warna Hitam Nopol. D 5735 TW beserta tengkorak kepala maupun tulang belulang manusia yang diduga kerangka Sdri. Ayu Restari (Perempuan, 27 Thn, Islam, IRT, Rusun Asmil Korem 023/KS Jln. Mahoni, Kota Sibolga) berlokasi di Jln. PLTA Sipan Sipahoras Kec. Pandan Kab. Tapteng (tepatnya di semak-semak pinggir jalan).

6. Berdasarkan temuan tersebut, Denpom I/2 Sibolga dan Polresta Sibolga menindaklanjuti dengan proses penyidikan (proses hukum) karena telah memenuhi unsur-unsur pidana pembunuhan.

Analisa.

1. Adanya dugaan Praka Marten Priadinata Candra adalah pelaku pembunuhan terhadap Sdri. Ayu Restari dan dilakukan secara berencana. Hal ini diperkuat dari pengakuan Praka Marten Priadinata Candra, Sdri Winda Novianti Br. Simanjuntak, Sdri. Maria Magdalena Br. Simatupang dan Sdr. Antonius Zebua yang bersama-sama melakukan pembunuhan.

2. Adanya dugaan motif asmara di balik pembunuhan terhadap Sdri. Ayu Restari, dimana Praka Marten Priadinata Candra memiliki hubungan khusus dengan Sdri Winda Novianti Br. Simanjuntak.

3. Adanya dugaan Praka Marten Priadinata Candra sengaja menciptakan alibi bahwa Sdri. Ayu Restari kabur dari rumah dengan mengunakan SPM Honda Vario warna Hitam Nopol. D 5735 TW.

Upaya dan Tindakan.

1. Bekerjasama dengan Polresta Sibolga untuk melanjutkan penyidikan dan proses hukum atas kasus pembunuhan secara berecana.

2. Memberikan penekanan kepada Komandan Satuan untuk melaksanakan fungsi pengawasan dan pembinaan terhadap Prajurit beserta keluarga untuk mengantisipasi permasalahan dalam rumah tangga.

3. Melaporkan kepada Komando Atas.

Comments

comments