Pelantikan “Arno” Datuak Singo Mangkuto

Kontri : Iyan
Editor : redaksi

Berantas.co.id, Kabupaten Agam – Sumbar | Prosesi pesta besar melantik Datuk Singo Mangkuto berlangsung meriah di
Ujung Padang Nagari Kampung Tangah Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam Sumbar pada hari Sabtu (20/1/2024).

Datuak yang di lantik adalah Datuak Singo Mangkuto dengan nama Arno, SKM, MPH
Turut hadir Sekda Agam Drs.Edi Busti ,”saya apresiasi atas terselenggaranya acara pelantikan ini, bukti nuansa kehidupan beradat kita sangat kental dan masih terpelihara sampai saat ini khususnya di Kabupaten Agam.”pungkasnya.

“Kita ingin memperkuat peran ninik mamak selaku ketua adat,untuk tahun 2024 akan kita beri perhatian sebagai bentuk apresiasi kita tehadap ninik mamak,” ungkap nya.

Semoga tokoh adat atau datuak yang sudah dilantik bisa menjaga amanah serta menjadi contoh bagi masyarakat, anak cucu dan keponakan di sekitar, seperti pepatah Minang, anak di pangku kemenakan di bimbing.

Turut hadir Sekda Agam Drs.H.Edi Busti, M.SI, Waka Polsek Lubuk Basung Jhoni Djabar beserta jajaran, Camat Lubuk Basung Hidayat Taufik S.STP, ASN Pemda Agam, Wali Nagari Kampung Tangah Gusri Mulyadi, S.Hum, Ketua KAN Kampung Tangah Erizal Dt. Mangindo, Ninik mamak dan Tokoh mayarakat.

Atrizal, S.Pd, Dt. Mangkuto Nan Basa menambahkan, Pertama dalam sejarah alek datuk yang di hadiri 38 datuak atau ninik mamak dari maninjau, bawan, manggopoh, lubuk basung, geragahan, dan nagari sekitar.

Peran ninik mamak atau Datuak di adat Minang selaku ketua adat adalah untuk mengayomi, membimbing, melindungi anak, keponakan, serta masyarakat satu suku untuk hidup lebih bermartabat dan mempunyai dedikasi tinggi.

Comments

comments