PAPANDAYAN CAMPING GROUND POTENSI WISATA ALAM JAWA BARAT

oleh -114 views

Penulis : Ana jameela 

Berantas.co.id – Garut, 21 Februari 2018 Desa Sirna Jaya kecamatan Cisurupan Kab Garut memiliki potensi wisata alam yang begitu indah dimana panorama alam di sekitar lereng gunung Papandayan menjadikan daya pikat bagi wisatawan yang berkunjung ke kawasan tersebut.

Papandayan Camping Ground sendiri menawarkan paket wisata outbound, rumah pohon dan tidak luput juga dengan ke indahan alam lereng gunung Papandayan itu sendiri. Dengan udara alam yang begitu sejuk membawa wisatawan terasa ingin berlama-lama di tempat itu. Cukup dengan tiket sebesar Rp 10.000 hanya untuk wisatawan dewasa dan anak-anak tidak dikenakan tarif, sudah membawa kepuasan tersendiri bagi pengunjungnya. Dari wawancara kepada beberapa pengunjung wisata Papandayan Camping Ground yang di temui di area tersebut mengatakan bahwa mereka sangat menyukai tempat wisata ini, saya sangat suka dengan tempat wisata ini selain murah meriah tempatnya pun bersih dan membuat kita jadi enak makan, ” demikian ujar ibu Sari wisatawan asal kota Garut sendiri. 

statement dari penjaga loket Papandayan Camping Ground mengatakan pengunjung bila hari biasa rata rata mencapai sekitar 100 pengunjung, dan apa bila di hari libur pengunjung bisa mencapai 3 kali lipat dari hari biasa. Beliau pun mengatakan kawasan wisata Papandayan Camping Ground kedepannya akan mempunyai area baru dimana akan menambah fasilitas sarana wisata dan akan ada kedai kuliner dimana nanti wisatawan akan di manjakan oleh berbagai masakan khas Pasundan. 

Menilik kembali ke potensi wisata alam kawasan gunung Papandayan, bukan hanya wisata Papandayan Camping Ground (PCG) namun kawasan Papandayan memiliki beberapa tempat wisata yang sangat bagus untuk di kunjungi, diantaranya : kawasan kawah Papandayan, Laser park, bukit nangklak dan beberapa tempat yang memang sangat menarik untuk di kunjungi. 

Harapan dari masyarakat yang berada di kawasan wisata Papandayan berharap untuk pemimpin yang akan datang di Kab Garut agar turut responden/ perduli dengan aset wisata tersebut dimana mereka mengeluhkan tentang minimnya transportasi umum untuk menjangkau wilayah tersebut. Bila transportasi mudah mereka berharap akan lebih banyak lagi wisatawan yang  berkunjung sehingga akan menjadi tambahan baik dari masyarakat sekitar lereng gunung Papandayan sendiri maupun anggaran pendapatan daerah Kab Garut.

Jurnalis

(Ana Jameela)

Comments

comments